Gunung Krakatau Trip {lampung}

Hallooo :):)

Untuk pertama kalinya saya mendaki gunung dannn gunung tersebut adalah Gunung Krakatau.. Uuuaww nggak takut meletus lagi, Des? Itu pertanyaan yang terlontar dari beberapa teman kampus. Tenang aja, ini anak Gunung Krakatau.. Perjalanan kali ini hanya Rp 450.000 untuk 3D2N memakai tour dengan paket backpacker gitu deehh.. Lebih baik kalau kesini pakai tour dari Jakarta, kendaraan dari Bakauheuni hanya ada angkot dan harus carter min. 1 angkot.. Kalau Desi sih pengen kearah nggak ribet gitu ya cyiinnn hehe yaudah Yuk cus langusung aja ya saya mulai cerita hihihi *gak sabar*

Perjalanan di mulai berangkat dari Pelabuhan Merak pukul 01.00 dan sampai Pelabuhan Bakauheuni sekitar pukul 04.00. Menyebrangi antar pulau penggunakan kapal yang buesaaar itu kayak kapal titanic, pikirku dalam hati :p setepar-teparnya di kapal tidur dan baru tau kalau ferry yang saya naiki bisa tidur terlentang bahkan sampai guling-guling (nanti Desi akan share fotonya)

1st day - Lampung 04.00 am

Sampai Pelabuhan Bakauheuni saya, teman saya dan rombongan naik angkot untuk menuju Dermaga Canti untuk melakukan penyebrangan ke Pulau Sebuku untuk snorkling dan ke Pulau Sembesi. Gile makkk pagi-pagi bolong langsung snorkling? Hahaha iya takut masuk angin. Cuma berusaha menghilangkan pikiran sakit karena i just want to my holiday amazinngg hahaha apa sih :p Oke oke setelah naik angkot sekitar 1 jam dan angkotnya super ngebuuttt sampailah kita di Dermaga Canti sekitar pukul 05.30..

Huwaa udah semerbak harum udara laut nih hihihi semakin udah nggak sabar. Di dermaga ini kita istirahat sebentar sambil menyantap sarapan di sebuah warung sebelah dermaga, makanan warteg yang maknyus nyus harus save energy banyak dan makan banyak :):) Setelah sarapan, buru-buru doong ganti baju snorkling ya dan bersiap-siap untuk naik kapal.

Pukul 07.30 perahu capcus mengantar kami untuk bersnorkling di Pulau Sebuku. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1,5 jam dari Dermaga. Pemandangan yang sangat indah selama kita di perahu.. Antara bukit dan laut. Saat di perahu saya ngantuk banget *padahal mah udah tidur tadi di ferry ya haha*, tapi setelah di sambut dengan pemandangan yang baguuuus banget asli langsung melek semelek-meleknya dan ngantuknya pun hilang..... Tadaaaaa

Bagus banget kan? Ini baru seupil keindahannya.. Sombong.. Hahaha tapi betul Lampung itu betul-betul indah. Okay lanjut. Setelah perjalanan 1,5 jam, sampailah kita di Pulau Sebuku untuk snorkling.. Air lautnya pun biru dan jerniiihh banget, tanpa basa basi saya dan teman saya langsung nyebur..

Setelah dipikir-pikir bener juga sih pagi-pagi snorkling nya.. Biar nggak gosong kena matahari siang. Jangan lupa bawa case underwater untuk kamera atau handphone ea gaeesss karena bakalan rugi banget kalau ngga foto saat bersnorkling di Pulau Sebuku ini. Snorkling di kasih waktu 2 jam sampai kurang rasanya. Setelah asyik bersnorkling, melakukan perjalanan setengah jam lagi ke Pulau Sembesi, karena kita akan menginap di Pulau Sembesi.

Sampai di Pulau Sembesi kita makan siang lalu pembagian kamar untuk tinggal di homestay penduduk setempat. Saat berada di Dermaga Pulau Sembesi masih ada signal, tapi saat kita jalan ke dalam homestay jangaaan sedih.... Tidak ada signal disana. Listrik pun hanya akan menyala dari pukul 18.00 sampai 06.00 pagi, setelah itu listrik pun padam.. Jadi jangan lupa bawa powerbank yang kapasitas paling banyak, kalau bisa yang 28.000 mAH. Kalau sekarang udah ada yang samapai 100.000 mAH hahaha lama-lama bawa gardu pln :p

Selesai sampai di homestay kita beres-beres, mandi dan istirahat sampai pukul 15.00. Sore nya kita akan jalan-jalan lagiii untuk berkeliling sekitar pulau yaitu ke Pulau Umang-umang dan melihat sunset.

Selfieeee time sambil menunggu sunset hahaha dan alhamdulillah nikmatnya melihat indahnya sunset dengan segarnya angin laut sore hari dari atas kapal. Sumpah ini romantis banget loh! *edisi menyeee T.T*

Capekknyaaa setelah snorkling dan berkeliling sekitar Pulau, kita santap malam pukul 19.00 dan pukul 21.00 kembali ke homestay untuk beristirahat.

2nd day - Pulau Sembesi

Pukul 03.00 bangun bukan untuk sahur gais tapi siap-siap untuk melakukan perjalanan dan mendaki anak Gunung Krakatau *hoaamm mata masih kriyep-kriyep* Pukul 04.30 kami berangkat dari Pulau Sembesi menuju Rakata (nama Pulau untuk anak Gunung Krakatau). Perjalanan 3 jam dengan air laut pasang.. Jadi selama di perahu sangat goyang seperti naik kora-kora selama 3 jam. Selain itu angin yang sangat kencang. Deg-deg an banget pokoknya udah pasrah karena angin dan ombak yang besar.. Fix harus minum tolak angin biar nggak muntah.

Wuaaa 3 jam yang menegangkan akhirnya kita sampai di Rakata pukul 07.30.. Muka-muka mabok lauuutt gais huhuhu Setelah Briefing dan bersiap-siap untuk mendaki.. Katanya yang udah pro mendaki (tour guide) bilang kita mendaki cepet hanya 45 menit dan turunnya 45 menit juga. Ohhh cepet ya, pikir saya dalam hati. Pendakian pun di mulai melalui hutan-hutan. Ketemu hutan pohon pinus dan tidak lupa untuk foto duluuu

Katanya yang udah pro mendaki (tour guide) bilang kita mendaki cepet hanya 45 menit dan turunnya 45 menit juga. Ohhh cepet ya, pikir saya dalam hati. Pendakian pun di mulai melalui hutan-hutan. Ketemu hutan pohon pinus dan tidak lupa untuk foto duluuu.

Kebayang dong yaaa nanjak terjal berbatu dan pasir. Selain itu setiap kita menapak, salah satu kaki kita pasti masuk mblusuk ke dalam pasirnya itu jadi amatlah butuh perjuangan untuk sampai atas. Muka udah pada merah, cuaca udah mulai panas.. Saya dan teman saya nanjak hampir 1,5 jam kali hahaha tapi akhirnya sampai juga di atasss!!

Sampai atas udah nggak bisa ngomong apa-apa cuma bisa bilang Subhanallah karena ini bener- bener bagusss banget :') Capeknya nanjak, sepatu masuk pasir semua, haus, semua rasa itu hilang semua setelah saya melihat pemandangan dari atas sini..

Setelah 1 jam berada di atas, turun kebawah hanya 45 menit.. Lalu makan siang dan kembali ke Pulau Sembesi dengan perjalanan 3 jam (lagi) untung minum tolak angin jadi ngga mual dan ngga muntah. Plis ini bukan promosi hahaha. Sesampainya di Pulau Sembesi, lalu kembali ke homestay untuk packing dan pukul 17.00 bersiap-siap untuk pulang..

Jangan sediiihhh perjalanan masih jauh untuk pulang. 1,5 jam menuju Dermaga Canti lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat 1 jam menggunakan angkot, baru sampailah di Pelabuhan Bakauneuni.

Ini loohh yang tasi saya bilang bisa tiduran di kapal ferry nya, mau guling-guling juga bisa :p Unik yaaa lucu banget. Naik kapal ferry pukul 20.30 dan sampai merak sekitar pukul 23.30. Saya sampai rumah sekitar pukul 02.30.. Dannn berakhirlah perjalanan yang menyenangkan kali ini :):)

Tips dari saya kalau ingin ke anak Gunug Krakatau :
- Lebih baik menggunakan tour (banyak kok bisa googling kalau saya pakai Travellokalindo)
- Bawa powerbank kapasitas paling besar, karena listrik hanya nyala malam hari di homestay
- Bawa tolak angin dan antimo karena perjalanan yang jauh dan penuh dengan angin
- Tidak perlu menggunakan sweater teralu tebal karena saat mendaki suhunya panas, tidak dingin
- Tidak disarankan jika membawa anak-anak
- Pakailah backpack, jangan handbag karena perjalanan yang jauh dan pindah-pindah transportasi